Pages

4.07.2016

My Biggest Suporter

Kamis,17 Maret 2016.

Jam 10 lewat, selesai sudah skill lab pemeriksaan fisik muskuloskeletal hari ke 2. Udah mikir mau ke rumah sakit, mau ketempat Mamak (My grandma. We called her Mamak) yang udah 4 hari dirawat dirumah sakit, seminggu dirawat dirumah dan 2 hari masuk ICCU. Tapi aku nggak langsung pergi ke rumah sakit, yang sekarang aku sesali. Aku milih untuk makan dulu karena kalau udah kerumah sakit pasti mager untuk beli makan. Pesan makanan, nggak punya firasat apa-apa. Makan berdua Dina dan masih cerita-cerita tentang skill lab tadi.

11.00 WIB. Tiba-tiba dilayar HP ada telepon. Dari bang Amer. Suaranya bergetar. "Sya, Mamak meninggal..."


*****

Hari ini 7 April 2016. 21  Hari tanpa Mamak. Awalnya terasa sedikit-sedikit rasa sepi. Sedikit sedikit, karena saudara yang dihari Mamak meninggal pergi ke Banda Aceh mulai balik ke kotanya dan tamu yang berkunjung takziah makin hari makin berkurang. My friend said, "Prepare yourself. Sedihnya akan paling terasa pas ke mulai kebiasaan rutin dan nggak ada orang dirumah" Dan itu benar. Beberapa hari ini udah kembali ke aktifitas biasa. Yang biasanya ada Mamak mulai dari bangun tidur sampe aku tidur, sekarang nggak ada.

Ketika hari dimana Mamak meninggal, flashback ku bukan cuma ke 2 minggu terakhir dimana Mamak mulai sakit yang bikin Mamak lemas ini. Tapi dari mulai kecil. Mamak yang masakin kami apa aja yang kami pengen, yang selalu nyambut kami dengan senyum terlebar kalau cucunya datang ke rumah Mamak. Rumah mamak punya banyak sejarah puluhan tahun sejak Mamaku masih kecil. Tapi sayang, rumah ini masuk dalam list perobohan rumah untuk perluasan kampus 2 tahun lagi.

Dirumah ini, masa kecil mulai dari tante, abang pertama sampai adik sepupuku yang paling kecil ada. Mamak yang selalu bangga dengan banyaknya pohon dan tanaman dirumahnya. Dulu kalau ada tanaman yang Mamak nggak ada, Mamak akan minta bijinya ke orang yang punya. Terasa manfaatnya untuk dimakan (Misalnya pohon rambutan), kalau kami sakit, dan bikin halaman rumah mamak teduh. Aku paling ingat daun saga. Setiap kami batuk, Mamak akan ambil daun Saga di halaman rumah, diperas terus diminum dan aku paling sering pura-pura minum padahal dibuang. (Pahit kali we)

Tempat itu adalah tempat dimana pas kami beranjak makin besar, malas diajak kerumah Mamak. Masalah utama adalah karena di rumah Mamak nggak ada PS. hehe. Mamak paling senang kalau ada yang datang kerumahnya, nginap dan makan masakannya. Biasanya kalau aku nginap dulu pasti diajak bikin es serut dan bikin kue salju kesukaan bang Amer untuk lebaran. Mamak selalu bangga dengan koleksi peralaan dapur yang Mamak punya. "Ini mamak beli tahun 1992, masih awet kan... Coba kalo dikasih ke Mama (Ibuku), sebentar aja udah rusak itu."

Mamak punya koleksi resep yang banyak. Kalau ada makanan enak yang Mamak nggak bisa bikin, Mamak akan minta resepnya sama orang itu terus di catatnya. Semua resep di buku resep Mamak adalah tulisan tangan. Bahkan Mamak sampe sekarang nyuruh Aku guntingin resep yang ada dimana aja. Di koran, di belakang kotak sereal sampe disuruh catat resep dari balik kaleng mentega -_- Tapi ya itu, She loves cooking that much. Sampe sekarang suka ajarin aku bikin kue dan Mamak yang ngajarin aku untuk suka dunia kue dari mulai TK dulu.

Semenjak kesehatan Mamak turun, kira-kira tahun 2012, Orangtuaku minta Mamak untuk tinggal dirumah kami, jangan lagi di Darussalam. Karena kalau Mamak di Darussalam, pasti nggak akan mau istirahat. Kalau nggak masak, bersihin halaman sendiri, potong pohon dll. (Tapi sampe sekarang masih ngga bisa diam dan masih sering ke dapur)

*****

Februari 2014. My father passed away. Mamak yang selalu ingatin untuk doain Papa. Terakhir kali ke kuburan Papa pas Februari 2016, 2 tahunan Papa, walaupun udah susah jalan dengan pakai tongkat dan dipegangin, Mamak tetap mau ikut jalan ke kuburan untuk doain Papa.

Agustus 2014. Aku berangkat untuk kuliah ke Jakarta. Teringat pesan Mamak sebelum Aku berangkat. Mamak adalah orang yang paling tidak setuju Aku kuliah diluar. Mamak bilang, "Untuk apa nak. Di Banda Aceh aja lah kuliahnya, ngapain jauh-jauh. Jakarta itu nggak enak lho. Disini aja kuliah.." Pas di Jakarta juga sering ngasih kabar ke Mamak.

Februari 2015. Aku putusin untuk pulang ke Banda Aceh karena suatu hal. Mamaklah orang yang paling mendukung aku kuliah disini. Aku diminta Mamak untuk terus belajar untuk SBMPTN mulai dari Februari. Mamak juga yang nyuruh aku belajar mobil. Biar bisa antar-antar mamak.

Juli 2015. Ketika aku lulus di kedokteran, Mamak salah satu orang yang paling bangga. Kalau ditanya orang pasti dengan bangganya bilang kedokteran supaya bisa sembuhin orang. "Biar nanti gampang kalau sakit-sakit bisa nanya (Ke aku). Biarlah ada cucu yang jadi dokter"

Sepetember 2015. Mulai dari pas MOS, Mamak yang bantu cari barang-barang MOS, nanya apa aja yang dibutuhin, ingatin barang untuk dibawa besok paginya, bantuin jahit untuk lebarin rok Mamak untuk aku pake MOS (Mamak punya rok kain yang masih bagus. tapi waktu gadis dulu badannya ramping, aku ga muat pake roknya xD) Terus bangunin paginya pas MOS, dan yang paling menanti cerita MOS pas aku pulang ke rumah. Nyuruh aku mandi trus ngajakin makan. I miss her.

Mulai kuliah, mulai pulang sore, Mamak akan tinggal sendiri di rumah. Makanya kalau pagi Mamak akan ikut aku pergi trus minta diantar ke rumah Mamak dulu sebelum aku kuliah. Sorenya akan Aku jemput dirumah Mamak. Sekarang? Di mobil, kursi penumpang didepan selalu kuisi barang-barang kuliah. Taro tas sambil dikeluarin isinya kayak buku, dompet, kotak pensil di atas kursi sebelahku itu biar keliatan rame. Nggak mau kursi itu kosong. Karena dulu, selalu ada yang ngisi.

*****

Ketika kita udah kehilangan satu orang, pasti nyadar, dulu nggak akan nyangka bakalan kangen sama semua nasehatnya. Dan aku jadi mikir "Ya Allah kok aku bandel kali dulu sama Mamak?" XD. Dulu pas baru bisa belajar mobil, Mamak nggak ngasih bawa dulu. Tapi kalo ga dibawa-bawa nanti pasti lupa kan??? *pembelaan. Jadilah aku bawa aja terus.... #1

Kalau disuruh pelan nyetirnya kadang-kadang ga mau denger #2

Ga dibolehin nyetir ke tempat jauh (gunung,laut) tapi langsng dipraktekkan #3

Disuruh tutup jendela ruang tengah kalau malam tapi ga pernah ditutup. "Nanti masuk pencuri" -Mamak "Mana ada Mak, nggak bisa masuklah dia..." -Aku #4

Dan masih banyak lagi...............................

Ga nyangka bakal rindu dengan SMS yang Mamak kirim. "Asya dimana" "Jemput Mamak ya" "Udah maghrib udah bisa pulang"

Atau Mamak yang selalu duduk di kursi depan TV. Kursi pijat warna merah. TV yang kalo siang selalu nyala dengan Mamak yang nonton Uttaran. Yang kalo aku pulang, "Siapa tu yang pulang? Asya ya?" "Nak pindahin ke TV One bentar" "Coba setel ANTV" "Ambil hape Mamak bentar Nak" "Ada liat kacamata Mamak?" "Coba ketik SMS ke Ibu Erni" "Jam berapa pulang hari ini?" "Eeeh makan dulu, itu kuliah pagi sampe sore nggak makan-makan mau gimana kuliahnya?" "Makan apa tadi di kampus?" "Ada PR besok?" "Besok antar mamak arisan ya" "Besok kita pergi ya undangan, nggak enak kalo nggak pergi. Saudara dekat" "Kawanin mamak ke kantor PKK" "pegangin tangan Mamak"

Seminggu sebelum Mamak pergi, Aku diminta nemenin ke arisan PKK. Sebelumnya dari rumah sakit, Mamak cuci darah. Waktu masuk ke rumahnya, Mamak yang daritadi ngeluh lemas dan tangannya berdenyut sakit tiba-tiba nggak kerasa sakit. Ketawa bareng temen-temennya. Nggak ada tuh eskpresi sakit Mamak yang Mamak tunjukin sebelumnya. "Inilah ni. Kekgini persahabatan nenek-nenek" Kata Mamak yang diikuti tawa teman-temannya. Pulangnya? Mamak ngeluh sakit lagi. Ketawa dan silaturahmi adalah obat Mamak.

Rindu, Mak. My pray goes to you, always. Thanks for give me your love and support in 19 years I live. Till we meet again..

0 komentar:

Posting Komentar