Pages

10.18.2014

My Dad Will Forever Be My King

“The reason why daughters love their dad the most is, at least there’s a man who never hurt their heart”
 “Gimana sekolahnya dek?” adalah kalimat yang tak pernah absen diucapkan oleh beliau sepulang dari kantor. Setelah mengacak rambutku,beliau akan duduk melepas kaos kakinya didekatku dan duduk menemaniku menonton TV. Biasanya setelah itu beliau akan mandi dan memanggilku untuk makan malam bersama. Jika aku tidak dengar beliau akan mengatakan,”Kemana anak perempuan papa satu ini? Kok nggak dengar dipanggil?”
Walaupun anak perempuan satu-satunya,aku tidak manja. Ntah kenapa aku juga  sedikit tertutup dirumah, berbeda denganku disekolah. Aku tidak terbiasa menceritakan ceritaku/kegiatanku kepada orangtua. Apalagi disibukkan dengan kegiatan sekolah yang sampai sore, membuat waktuku berkumpul dengan keluarga semakin sedikit.
Tapi beliau selalu perhatian. Menanyakan tentang kegiatan sekolahku,dan merencanakan akan jadi apa aku nanti. Yang paling kuingat beliau akan berkata,”Anak perempuan papa ini......” atau “Anak perempuan satu ini.....”. Beliau sangat berharap aku menjadi orang yang sukses seperti dirinya.
Beliau adalah seorang yang mengajariku berenang, mengajariku naik sepeda, mengoreksi PR ku, menonton TV bersama-sama, menemaniku ke dokter gigi, dan bukan hanya itu. Beliau juga mengajariku tentang seperti apa kehidupan itu sebenarnya.
“My father didn’t tell me how to live. He lived and let me watch him do it”   Clarence B. Kelland
                Sekarang disetiap pagi ketika aku membuka pintu kamar,aku selalu berharap aku melihatnya duduk membaca koran di depan TV. Lalu sarapan dan bersiap kekantor. Memakai kaos kaki, dan sepatu kulit hitamnya.
Atau seperti ketika aku kecil,beliau akan membolehkanku memilih channel TV yang kumau di hari minggu. Beliau adalah ayah terbaik yang pernah ada. Jika aku diizinkan memilih ulang siapa ayahku, beliau akan tetap menjadi pilihanku.
Aku masih ingat malam sebelum beliau kembali kepada-Nya, di ICCU:
“Pa, asya pulang dulu ya. Besok sekolah.”
“Iya dek. Baik-baik ya. Belajar yang rajin.”
Setelah itu,beliau koma dan tidak pernah bangun lagi.
Beliau sangat sayang padaku. Begitu pula aku,sangat menyayangi dan menghormati beliau. Tapi Allah berkehendak lain. Itu karena rasa sayang Allah padanya lebih besar dari yang kumiliki. Aku sangat bersyukur Allah membiarkanku mengenal beliau selama 17 tahun ini . Ada sebagian orang yang bahkan belum pernah melihat langsung ayahnya.
Beliau sangat mengerti aku. Beliau tidak pernah bilang tidak pada hal yang beliau kira itu bagus untukku. Aku sedih sekali, hari-hari setelah beliau pergi. Tapi aku bersyukur banyak orang berdoa untuk beliau. Setelah kufikir lagi, jika beliau masih ada mungkin beliau masih merasakan sakit yang beliau alami 2 tahun terakhir. Sakit yang aku sendiri nggak tau bagaimana rasanya.
Ketika beliau sakit,beliau tidak mengeluh didepanku. Beliau malah berkata agar aku tidak mengkhawatirkan beliau. Agar aku bisa fokus belajar. Bahkan seminggu sebelum beliau pergi, beliau yang sedang diluar kota meneleponku. Tapi beliau tidak sedikitpun berbicara tentang kondisi beliau. Beliau malah menanyakan aku.
Tanteku bilang padaku bahwa beliau pernah suatu hari berkata, ”Bagaimana ini.. saya tidak bisa melihat dia kuliah, saya tidak bisa melihat dia menikah..” Dan airmataku tak berhenti menetes.
Allah tau yang terbaik. Itulah yang terbaik sekarang. Yang bisa kulakukan hanya berdoa pada Allah semoga Allah menempatkan beliau ditempat yang terbaik Amin. Satu hal yang aku sesali adalah aku tidak belajar banyak dari beliau.
Pa, semoga suatu hari papa bisa bangga sama Alsya. Semoga alsya bisa membuktikan kalo asya sukses suatu hari, dan melihat papa senyum sama Asya ketika kita bertemu nanti. Selamat jalan Pa.
Dad, I may find my prince someday,but you will forever be my king.

0 komentar:

Posting Komentar